Jelang Imlek, Wihara dan Kelenteng Perbanyak CCTV

Posted by Unknown on Monday, February 10, 2014 with No comments

Tentukan lokasi pemasangan CCTV berdasarkan jarak pandang yang hendak diawasi (apakah dekat atau jauh). Kamera ini juga bisa untuk digunakan pada kondisi gelap atau terang.
Sumber photo: shutterstock.

Jelang Imlek, Wihara dan Kelenteng Perbanyak CCTV
Selasa, 7 Januari 2014 | 06:08 WIB

Penulis: Kontributor Makassar, Hendra Cipto
Editor: Palupi Annisa Auliani


MAKASSAR, KOMPAS.com — Sebagai langkah antisipasi menjelang perayaan Imlek, pengurus wihara dan kelenteng di Sulawesi Selatan memperbanyak pemasangan kamera pengawas atau CCTV. Koordinasi dengan kepolisian pun dipererat.

"Dari hasil rapat yang digelar beberapa kali, kami memperbanyak kamera CCTV di wihara dan kelenteng," ujar Ketua Perwalian Umat Buddha Indonesia (Walubi) Yongris kepada Kompas.com, Senin (6/1/2014). Koordinasi dengan kepolisian berupa penyiapanmetal detector dan anjing pelacak.

Yongris, yang juga salah satu pengurus Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Selatan, mengatakan, tahun ini tidak akan ada perayaan Imlek di luar wihara dan kelenteng. Pertimbangan keamanan menjadi alasan.

Kalaupun ada perayaan di lapangan, ujar Yongris, hal itu hanya bisa dilakukan bila ada jaminan keamanan dari kepolisian. Imlek, atau dikenal juga sebagai tahun baru China, bertepatan pada tanggal 31 Januari 2014.

Pengamanan terkait imlek diperketat menyusul dugaan aksi terorisme beralih sasaran ke tempat peribadahan umat Buddha ini. Dugaan bermula dari temuan data wihara dan kelenteng di rumah kontrakan yang digerebek tim Densus 88 Antiteror Polri pada malam pergantian tahun. 


Categories: